//mendokusai//
entry about linkies stuffs rules dash follow


Disclaimer


Hai, site ini berubah menjadi blog penugasan.
since 2015
Dont Open My Pagesource

MONGGO DIPILIH SENDIRI LAGUNYA



Chit Chat

Flashback
Motivation Letter


Thanks To

© 2015 - Skins by Annisa. Edit by Nurin, and basecode 1 & 2 & 3
ESSAY MENTAL HEALTH
Kamis, 01 Oktober 2020 | 0 One

APA ITU MENTAL HEALTH?

Dikutip dari alodokter.com "Gangguan mental atau gangguan jiwa adalah penyakit yang memengaruhi emosi, pola pikir, dan perilaku penderitanya. Sama halnya dengan penyakit fisik, penyakit mental juga ada obatnya".


Coretan kali ini mengangkat pentingnya Mental Health di masa sekarang terutama bagi generasi Z. Namaku Nurina Ayuningtyas, mahasiswa baru fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, jurusan Fisika, program studi Instrumentasi. Mari disimak dengan baik penjabaran sederhanaku.

MENTAL HEALTH, bagi kalangan orang awam mereka menyebutnya sakit jiwa, orang gila. Kerap kali orang salah kaprah mengenai arti dari mental health sesungguhnya. Perlakuan kurang menyenangkan juga sering diterima oleh mereka yang memeriksakan dirinya ke rumah sakit. Tak perlu jauh-jauh, mungkin diantara kalian yang berdiskusi mengenai Kesehatan mental dengan orang tua, kalian dielu-elukan sudah gila.

Selain kurangnya wawasan dan pengetahuan, orang Indonesia pun masih menyepelekan gangguan kejiwaan sebagai kasus sederhana yang tanpa diperiksakan dapat sembuh dengan sendirinya. Fakta maupun data mengenai gangguan kejiwaan yang terus meningkat tak juga mempengaruhi mereka akan pentingnya kesehatan jiwa, mengabaikan data serta penolakan keras akan Kesehatan jiwa karena takut jadi bulan-bulanan tetangga sudah akrab di masyarakat kita.
Berkenaan dengan itu, mental health di masa pandemic seperti ini. Banyak orang yang terguncang mentalnya, baik terkena phk (kehilangan pekerjaan), susahnya mencari nafkah, hutang yang menumpuk, keluarga yang mengalami musibah atau bahkan kehilangan sanak saudara, orang tercinta karena covid 19. Tujuh, delapan bulan dan entah sampai kapan Negara-negara di dunia akan mengalami kemerosotan yang diakibatkan oleh pandemi. Mungkin banyak dari kalian yang mengabaikan fakta akan Kesehatan mental dan tak ingin membuang uang untuk berkonsultasi. Namun, sebagai generasi Z, kalian sudah harus mengetahui pentingnya mental health, at least ini untuk kalian sendiri, untuk orang-orang tercinta kalian.

Mari simak Bersama-sama, bagaimana gejala Ketika orang memiliki risiko terhadap gangguan mental serta bagaimana cara kita mengatasinya, dikutip dari alodokter.com.

1. Menunjukkan perubahan kepribadian

Hal ini terjadi ketika kamu tidak lagi merasa seperti dirimu sendiri, atau ketika orang lain melihatmu bertingkah seperti orang lain yang benar-benar berbeda.

2. Mengalami kecemasan, amarah, dan perubahan suasana hati 

Sebenarnya kondisi ini wajar dan umum dialami banyak orang, namun perlu diwaspadai jika kamu terus-menerus mengalaminya tanpa alasan yang jelas.

3. Menarik diri atau mengasingkan diri dari lingkungan sosial

Kalau kamu tiba-tiba jadi sering menutup diri atau terlalu banyak menghabiskan waktu sendiri tanpa adanya interaksi sosial, kamu perlu waspada. Karena hal ini dapat menandakan adanya masalah emosional dalam dirimu yang berisiko mengganggu kesehatan mental.

4. Melakukan hal-hal berbahaya dan hilangnya kemampuan mengurus diri

Umumnya, orang yang memiliki masalah kesehatan mental tidak mampu untuk memerhatikan dirinya sendiri. Misalnya, jadi tidak peduli penampilan, tidak mau membersihkan diri atau mandi, tidak mau makan atau justru makan secara berlebihan, mabuk-mabukan, kebut-kebutan, menggunakan narkoba, bahkan berupaya bunuh diri.

5. Merasa putus asa atau kewalahan dalam keseharian

Kamu juga perlu waspada terhadap gangguan kesehatan mental bila mengalami kehilangan motivasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Terlebih jika kondisi ini disertai dengan rasa putus asa atau kesia-siaan.

Jika kamu, teman, keluarga, maupun kerabatmu mengalami tanda-tanda di atas, segeralah lakukan sesuatu untuk menanganinya, jangan membiarkannya hingga berlarut-larut.



Cara Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Kondisi Mental  


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan mental, antara lain:

1. Mengelola stres

Stres memang sulit untuk dihindari, tapi dapat diatasi. Ada cara-cara mengelola stres yang bisa kamu lakukan, seperti berjalan santai di luar ruangan, berolahraga, melakukan meditasi, bertukar pikiran dengan sahabat, atau menulis buku harian. Hal-hal tersebut dapat membantu pikiranmu untuk tenang dan melihat hidup dengan lebih jernih.

2. Tetapkan tujuan yang realistis

Tetapkan tujuanmu secara realistis, baik tujuan pribadi maupun profesional. Bila perlu, tuangkan dalam bentuk tulisan atau vision board. Memahami apa tujuan hidupmu akan membuatmu lebih terarah dalam menentukan cara mencapai tujuan tersebut. Lengkapi dengan keterangan target waktu, serta daftar hal-hal yang telah berhasil kamu capai.

3. Berkumpul dengan orang yang mendukungmu

Orang yang punya hubungan sosial yang sehat terbukti mengalami lebih sedikit gangguan kesehatan dan dapat hidup lebih lama. Menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan teman-teman dekat atau keluarga dapat membantumu melepas penat. Kamu bisa bersenda gurau, meluapkan emosi, atau berbagi cerita dan pengalaman sehingga kamu bisa mendapatkan saran serta dukungan dari mereka.

4. Membantu orang lain

Selain bermanfaat bagi orang lain, melakukan kegiatan kerelawanan dapat membuatmu merasa lebih baik dan lebih bermanfaat dalam hidup. Hal ini akan menghindarkanmu dari kesepian dan rasa tidak berguna. Kamu jadi lebih mawas diri, mudah bersyukur, dan tidak cepat mengeluh atau putus asa.

5. Melakukan hal baru

Rutinitas yang monoton dapat membuatmu mudah stres. Cobalah lakukan hal-hal yang baru, seperti mengganti cat dinding rumah, belajar bahasa baru, memperbarui penampilan, atau sekadar mengganti rute pulang-pergi kantor. Melakukan hal baru dapat menyegarkan pikiranmu, bahkan membuatmu lebih semangat dalam menjalani hari.

6. Merawat kesehatan tubuh

Kesehatan mental tentu sangat bergantung pada caramu merawat diri sendiri. Pastikan kamu makan beragam makanan sehat, istirahat dan minum air putih yang cukup, berolahraga, serta menghindari kebiasaan buruk, seperti merokok atau minum minuman keras. Dan ingat, bukan hanya kurang tidur, kelebihan jam tidur juga tidak baik untuk kesehatan mental.
 

Gangguan mental dapat menyerang siapa saja dan berbagai macam gangguan mental yang dapat diderita, seperti stress, gangguan kecemasan, gangguan tidur, depresi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu jangan sepelekan, sayangi dirimu, lebih peduli akan kesehatanmu. Semoga essay diatas dapat bermanfaat untuk kalian semua. Sudahkah kalian memahami pentingnya kesehatan mental? Sampai jumpa lagi di kesempatan selanjutnya.



FIN.



Posting Komentar