//mendokusai//
entry about linkies stuffs rules dash follow


Disclaimer


Hai, site ini berubah menjadi blog penugasan.
since 2015
Dont Open My Pagesource

MONGGO DIPILIH SENDIRI LAGUNYA



Chit Chat

Flashback


Thanks To

© 2015 - Skins by Annisa. Edit by Nurin, and basecode 1 & 2 & 3
Motivation Letter
Selasa, 29 September 2020 | 1 One

Should I Motivate Myself?

.Even when life gets hard and it gets messed up, don't you dare to let it kill you




Namaku Nurin, kali ini aku akan membahas mengenai motivasi diri, penugasan motivation letter Raja Brawijaya 2020, Nurina Ayuningtyas - Cluster 36. Sebelum itu akan kuceritakan kondisiku saat ini. Aku seorang maba di era pandemi. Cukup berat, aku merasakan beban belajar mandiri, keuangan yang tidak lancar, ospek online beserta penugasan yang seabrek datang bersamaan dengan kuliah online sudah terlaksana. Bukan cuma tugas kuliah dan ospek saja yang aku urus, tugasku sebagai anak menjadi terabaikan. Sindiran halus dan kasar kerap-kali keluar masuk telinga, kamu sudah membantu apa hari ini? Berkutat dengan tugas dan dikejar deadline, itu tak mudah. Aku merasa kesal, marah, luapan emosi kerap kali hadir kembali disaat tertekan.

Aku diwaktu sulitku. Tak sedikit air mata mengalir terbuang percuma. Dalam kondisi seperti itu, aku benar-benar tak ingin diganggu. Ingin berteriak, menangis, meluapkan amarah dan emosi sesukaku. Penolakan yang akan didapat oleh mereka yang mencoba menyemangati, karena sejujurnya aku tak suka dikasihani. Hanya diriku sendirilah yang mampu memberi motivasi.

Kepada teman-teman diluar sana, kuberi sedikit tips pemberian motivasi diri. Sebelum itu, akan aku beri rekomendasi lagu yang harus kalian dengarkan dalam kondisi tidak baik. Insyaallah akan sedikit membantu kalian.





KENALI DIRIMU DAN KONDISIKAN DIRI

Langkah pertama yang harus kulakukan tak lain dan tak bukan adalah berusaha berdamai dengan diri sendiri. Cukup sulit melawan keegoisan dan keras kepala dirimu sendiri. Kamu harus belajar memahami dirimu dan mengkondisikan emosimu. Cari sebab sederhana yang dapat membuatmu tersenyum, bahagia, kembali bersemangat. Temukan hal dari sekecil apapun yang dapat memancing emosi dan membuatmu stress. Semua bergantung dengan seberapa besar kamu memahami kondisimu. Hal dapat dengan mudah dicegah dan diatasi ketika kamu mengenal dirimu.


LOVE YOURSELF

Pastikan kamu tidak menaruh dendam dengan dirimu sendiri ya. Sedikit banyak orang yang merasakan perasaan benci terhadap diri. Entah karena kepribadian, kelemahanmu, kekuranganmu, apapum itu. Cobalah untuk ikhlas wahai temanku. Ayo sayangi dirimu, jangan berusaha melawan dan menyakiti. Itu bagian dari dirimu, dari sosokmu. Tidak akan terlepas sampai kapanpun itu, anggap saja sebagai ciri khasmu.


WAKTUNYA KAMU MELUAPKAN EMOSIMU

Biasanya, aku akan bersenandung dan berteriak untuk meluapkan emosi. Terkadang kondisi kita sangat relate dengan lagu. Ketika mulut tak dapat bersua, mengungkapkan kegelisahan dan unek-unek yang meletup di dada. Lagu dapat menggantikannya, akibatnya orang dapat menganggap kita alay, lebay atau aneh karena kita dibuat menangis karena lagu. Kenyataannya, lagu tersebut meluapkan semua emosi tanpa kita harus mengatakannya. Kalian pasti memiliki cara tersendiri untuk meluapkan emosi kalian. Kembali lagi ke poin satu, seberapa jauh kalian mengenal diri kalian.

 



LAKUKAN APA YANG MENJADI KESUKAANMU

Kalo aku, pasti dalam step ini akan mengemil beberapa ciki dan makanan kesukaan. Scrolling twitter, menonton anime atau video lucu, stalk akun yang kalian idolakan, cukup membantuku kembali dalam mood yang baik.


TAKE YOUR TIME

Ini sebenarnya langkah yang paling rawan, tapi kalau berhasil kalian akan merasa jauh lebih baik. Ketika moodku sudah jauh lebih baik, pikiranku tenang dan kegelisahanku berkurang, aku akan memikirkan kembali apa saja yang membuatku khawatir beberapa waktu ini. Sebut saja melamun, dengan catatan ini merupakan langkah koreksi diri bukan overthinking. Ketika telah mendapat titik terang apa yang menjadi kegelisahanku, maka aku akan memutar memori Kembali, hal-hal yang sudah kujalani sejauh ini. Hal-hal yang tak kalah sulit dan berat namun mampu kujalani, tak lupa alasan mengapa aku masih terus bertahan dan mengapa harus bertahan menjalani hidup yang keras ini. Aku yakin kalian semua punya alasan tersendiri, this or that yang membuat kalian terus berusaha.

God Bless U, tetap semangat teman-teman. Semua orang punya masalah mereka dan tidak dapat kita bandingkan setiap individu. Selain berbeda kesusahan, kita juga memiliki tingkat kekuatan yang berbeda untuk menghadapinya. Jangan pernah kamu samakan, karena hal tersebut akan menyakiti hati setiap orang yang mendengarnya.


TERAKHIR

Jangan lupa beristirahat, jangan memaksakan diri. Kamu bisa melakukannya esok hari dengan lebih baik lagi. Semangat teman-teman! Ingat, cuma kamu yang dapat memahami dirimu sendiri. Sayangi dirimu, jangan berusaha menyakiti.

 

"Not giving up on yourself is what's truly important. That way you don't end up pathetic." - Reiko Mikami.




FIN. 

Blogger Ann mengatakan...

Aww semangat terus sist :3
I'm here for you

 

Posting Komentar